Senin, Oktober 08, 2007

BELLY DANCE

Sabtu week end kemarin gw sempat main ke salah satu sanggar tari di daerah Kemang Barat yang punya kelas untuk Belly Dance,
ngabuburit dengan adik gw. Sekedar sharing untuk menambah wawasan seni tari.


di depan sanggar tari Kalimaya, Kemang Barat No.19

Mungkin udah ada yang tau jenis tarian ini. Tarian Perut yang berasal dari jazirah Arab.
Sekitar awal2 tahun lalu kelas kursus untuk jenis tarian ini mulai diminati para wanita di Jakarta. Dimulai dengan ketertarikan memanggil guru secara privat sampai akhirnya sekarang bisa dengan mudah kita temukan sanggar atau kursus tari Belly Dance ini di Jakarta.
Selain untuk tujuan menambah jenis tari yang sudah dikuasai juga umumnya para wanita memiliki tujuan untuk menjaga kebugaran badan. Karena diyakini gerakan dalam tarian ini bisa juga sebagai olah tubuh seperti halnya yang dihasilkan oleh gerakan berbagai jenis senam. Dengan demikian hobby menari bisa tersalurkan sekaligus juga kebutuhan rutin olahraga bisa terpenuhi.


mbak2 guru tari Belly Dance "Haremqueen Dancers", yang diketuai mbak Suzzanne (baju merah)

Tadinya mungkin seperti halnya temen2 yang lain, gw mengira tarian ini hanya seputaran gerakan perut yang terlihat sederhana. Tapi setelah melihat langsung latihan yang dilakukan para guru dancer di sanggar tsb, gw jadi lebih tau bahwa butuh kepiawaian yang lebih dari sekedar 'menggoyang' perut. Perlu latihan yang intensif untuk bisa melakukan berbagai gerakan yang terlihat eksotis dan menakjubkan.
Olah tubuh selama tarian itu dilakukan keliatan sangat jelas, dengan cucuran keringat para guru tari tsb. Konsentrasi terhadap keindahan gerak yang dihasilkan dengan memusatkan gerakan pada kekuatan perut dan kelenturan tubuh.

Pada umumnya seseorang yang ingin berlatih Belly Dance tanpa basic tari bisa menguasai gerakan dalam hitungan minimal 3 minggu latihan intensif tergantung bakat dan keseriusan orang tsb. Dan bagi orang yang sudah memiliki basic tari, bisa kurang dari 3 minggu latihan intensif.Tentunya tetap dibarengin latihan kontinu setelah menguasai gerakan dasar tarian ini.



Sanggar Kemang Lima
Jl.Kemang Barat 19, Jakarta
Tel. (021) 7179 1734

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam kenal sist...
infonya menarik nie... kalu boleh tau nie.. belly dance enaknya dilkukan dengan iringan musik jenis apa ya? dan ada ga baju senam khusus yang harus digunakan saat menari belly dance?
Thanks ya? dan sukses selalu... :)