Senin, November 05, 2007

INFO KULINER : Dapoer




Kali ini gw mau kasih review sedikit sebuah resto di bilangan Mahakam, Jl.Lamandau III/V, Jakarta Selatan. Nyobain tempat baru sekalian acara ultah kecil temen gw.
Resto nya nempatin gedung yang berdesain lama. Jenis2 bangunan kolonial gitu. Letaknya persis di ujung jalan depan Apotik Mahakam. Berseberangan dengan kios2 bunga ekstensi nya kios bunga di sepanjang Jl.Barito, dengan pohon2 rindang yang berjajar di depan bangunan, menambah keasrian gedung tua ini.
Cuaca yang mendung dengan angin semilir membuat kita gak merasa berada di tengah kota yang padat. Sejuk dan nyaman. Seperti Jaman Tempo Doeloe.. jaman encim dan encang duduk2 di teras dengan para noni2 belanda...
Persis dengan nama resto ini yang menggunakan ejaan tempo dulu : DAPOER

Melihat furnitur tempo dulu lengkap dengan lemari2 pajangan yang jadoel berikut lantai tegel bermotif lama, gw udah bisa perkirakan kalau resto ini termasuk resto peranakan. Konon kabarnya resto ini memang dimiliki oleh peranakan cina solo, tapi kabar lain menyebut pemiliknya adalah pebisnis resto kelas kakap yang juga suami dari Sarah Sechan.


Pilih duduk di teras buat menikmati pemandangan yang jarang ditemukan di tengah kota, ngerumpi sambil menunggu orderan datang, melihat tamu2 resto yang datang dan pergi.. juga komen2 dadakan untuk meja2 lain yang diisi oleh bule2..

Bicara soal menu.... gw seneng bisa nemuin daftar masakan dan makanan yang variasi nya banyak banget... semuanya masakan lokal, dan punya nama yang unik2.
Karena tujuan utamanya buat nyobain masakannya, akhirnya mengenyampingkan kecocokan antar menu... karena sifatnya icip sana sini, nasi pun kena buat jadi bahan icipin. Nasi putih dan Nasi Goreng Dapoer. Dipesan hanya satu2, karena dimakan dengan cara berbagi.. hehehe... yang putih buat temennya lauk pauk.. yang goreng untuk icipi nasi goreng andalan mereka. Nasi goreng merah tanpa kecap, yang rasa dan penyajiannya seperti nasi goreng rumahan. Dengan beras pulen yang panjang... bumbunya kurang bawang putih nya aja mungkin ya.. tapi enak kok.

Masakannya, kita nyobain Oseng2 Koyor, Bobor Pakis, Oseng Toge ikan asin, plus Perkedel Kentang. Sebenarnya gw bingung mau pilih yang mana.. menurut gw semua patut dicoba.. masakan. Pilihan itu pun atas deklarasi bersama karena semua juga bingung milihnya..
Semua masakanya Top deh buat yang lagi nyari masakan rumahan n masuk ke lidah kita... bumbunya termasuk nendang, tidak asin, tidak manis... pas semua!... Gw suka.. sepertinya kalau kita makan banyak pun gak akan kena kolesterol atau diabet.. hehehe... karena pake takaran yang pas.. tidak kurang dan tidak berlebih.
O iya.. ditambah sama sambal mentah.. cabe merah yang di ulek kasar.. masih nyisain kulit cabe yang kasar2 dengan biji cabe yang udah pasti bikin lidah puanasss... dan ternyata emang iya .... wuih!.. rasa sambelnya enak, tapi jangan coba2 deh ambil banyak.. hihihi...



Buat minumannya, gw nyoba jus jeruk... mmmm.... uenak!... jeruk segar yang diperas, dan rasanya fresh abizzz.... slurp... Tapi gw juga nyobain es cincau hijaunya.... yang ini juga enak!.. hehehehe... rasa santan yang ikut nemenin si cincau ini, enak banget..komposisi air santannya pas.. masih bisa terasa santan segar dan aroma nya yang bikin nambah yummie...

Sampai lupa cerita kalau buat appetizer gw nyobain combro khas Dapoer... badan si combro ringan dan gak kalis seperti yang biasanya kita temuin di penjual2 combro... isinya banyak dan rasanya enak. Masih terasa pedasnya tapi masih bisa dimakan oleh orang yang gak suka pedas.

Penutupnya, selain si es cincau tadi, juga singkong bawang putih, pisang goreng, dan rujak buah. Temen gw nyobain Es Lembut, yang ternyata es krim di blend dengan alpukat dengan sedikit kopi. Disajikan di wadah mungil dengan topping potongan roti kecil2.. katanya sih enak.. *wink*
Singkong bawang putihnya sama seperti singkong goreng yang dijual di abang2 gerobak itu lho.. di rebus dulu, dibumbui bawang putih, baru di goreng.. jadi mempur. Tapi yang ini gak ber minyak2.. dan gak pake minyak jelantah lho... hehehe...
Kalau si pisang goreng, cuma pisang tanduk yang digoreng polos tanpa tepung dan ditaburi dengan gula halus di atasnya.. rasanya ya seperti pisgor di rumah aja.
Rujak buahnya, kaya'nya satu2nya yang gak recommended tuh.... buahnya jelas fresh, tapi bumbu colekannya itu gak nendang..

Jadi.. kalau ada yang lagi tersesat di daerah Mahakam, boleh deh dicoba buat mampir... kira2 Rp 100.000an/pax.

Dari sini, gw mampir buat beli kue di toko kue di belakang gereja Mahakam, tepatnya di jl. Sampit V no.2. Namanya Corica. Nge topnya sih Bluberry Pastry nya... tapi ada juga kue2 lain. Di toko ini juga menyediakan wadah2 makanan yang lucu2.. Ada yang berbentuk tas kecil terbuat dari anyaman... ada juga kotak2 dari karton2 yang desainnya cantik2 dan representatif buat hantaran atau sekedar untuk diberikan kepada orang2 terdekat kita..



Untuk sebuah alternatif, kenapa tidak mencoba?....





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Aduh, bandung... ngangenin euy..
Makanannya......jadi pengen cepet2 kesana.
Juga es campur mang onyen tempat pacaran ibu mertua dulu katanya.....