Senin, Januari 07, 2008

Info kuliner


Peminat masakan bebek sudah mulai banyak di Jakarta sehingga rumah makan bebek mulai juga menjamur memenuhi animo masyarakat Jakarta. Bebek goreng dan bebek bakar dengan berbagai variasi bumbu dan penyajiannya.
Salah satunya rumah makan itu adalah
Bebek Goreng Surabaya yang buka di jalan Suryo di bilangan Blok S.
Di tempat ini harus sabar menunggu antrian meja karena selalu full si sepanjang hari terutama pada jam2 makan.
Yang kemarin kita coba adalah cabangnya yang terletak di Jl.Bangka I no.8. Relatif sepi dan masih bisa memilih meja makan tanpa harus menunggu.


Tempatnya tersempil di jalan Bangka, dari arah Tendean yang bercabang kecil tepat di daerah Pondok Karya.
Rumah asli jaman dulu dengan arsitektur '70an yang tidak dipugar dan hanya di percantik dengan kusen2 baru dan sentuhan interior yang lebih modern. Di teras malah disediakan kursi yang biasa ada di rumah2 betawi.
Modern tapi tetap ada unsur tradisional nya.



Karena lalu lintasnya di daerah sana gak terlalu padat dengan jalur satu arah, kita ambil tempat di teras untuk bisa lebih santai.
Nasi cobek plus bebek goreng yang jadi andalan resto ini yang kita pesan, dan jeruk anget untuk minumnya.
Nasi nya ditaruh di atas sambal mentah yang disajikan di sebuah cobek seukuran piring makan. Bebek goreng nya di tata di sebuah wadah anyaman bambu di landasi daun pisang. Ditambah dengan semangkuk kecil sayur asam.

Bebek gorengnya garing dan daging bebeknya empuk. Enak untuk dimakan dengan nasi dan sambal mentahnya. Tapi buat yang gak suka asin, masakan di rumah makan ini memang agak keliwat asin. Gak bisa dicicip tanpa nasi. Karena pasti terlalu asin untuk icip2 lauknya aja.

Dari bebek ini, kita nyobain bakso yang letaknya dekat dengan rumah makan ini.
Beberapa kali masuk review di program kuliner acara TV, baru kali ini gw ketemu tempatnya. Padahal udah sering banget lewat di jalan ini. Tapi rupanya dia memang punya beberapa cabang di jakarta.
Bakso Ino, tempat makan bakso yang bisa disejajarkan dengan resto Es teler 77 yang dikembangkan dengan konsep restoran.
Desain eksterior dan interior tempat makan ini bergaya modern minimalis. Menggunakan kaca2 besar pengganti dinding masif. Juga furnitur yang menggunakan bahan ringan. Di lantai atas malah disediakan teras open air lengkap dengan payung2 besar.
Letak dapurnya juga dibiarkan terbuka. Mungkin tepatnya pantry ya.. karena bakso dan lain2nya sudah setengah matang tersedia dan tinggal di racik sesuai pesanan.

Bakso Ino lengkap isinya ada bakso biasa (bukan bakso urat), tahu bakso, dan pangsit goreng plus sawi. Rasa baksonya lumayan juga. MSG nya gak terlalu dominan dan kekenyalannya agak normal.. mungkin penggunaan borax nya gak banyak yah.. hehehehe...
Kuah baksonya juga lumayan enak biarpun lapisan lemak di atas kuahnya mengkilat karena air hanya suam2 kuku dan gak ngebul2 seperti bakso abang2... hihihi...
Menurut si We2, rasanya masih kalah enak dengan bakso Telkom yang ada di bilangan Taman Roos di Casablanca.. (sayang gw lum pernah icip yang ini.. coz bakso gak prioritas hunting an.. "daging" bow..)

Tujuan berikutnya untuk diicip adalah
Resto Duren Harum di Jl. Raya panjang, Pos Pengumben... Jauh yak.. tapi udah lama mau kesana.. karena semuanya masih suka tuh makan duren... (hhhmmm.... even buat gw udah masuk forbidden list.. .....)

Menurut cerita, resto ini baru aja dibuka di awal2 taun 2007 kemarin. Dan langsung dapat respon tinggi dari peminat2 duren. Karena di resto ini duren gak pake musim2an.. selalu ada sepanjang hari sepanjang tahun...
Konon di tiap harinya di jam makan siang, pasti banyak orang2 kantoran penggemar duren yang datang untuk makan bareng dengan sejawatnya.. gak cuma di seputaran daerah sana.. tapi juga sampai ke perkantoran di Pondok Indah.. '



Ternyata memang disini gak ada musim duren.. durian yang sebenarnya lagi gak musim pun masih tersedia lengkap disini, termasuk durian monthong yang nge top itu.
Di daerah Kalibata dan pasar minggu dimana duren jadi primadona penjual pinggiran jalan aja belum keliatan ada tumpukannya.. sementara disini pilihan duren lokal dan monthong selalu tersedia..
Karena lagi gak musimnya, duren monthong yang dijual disini adalah duren2 yang di simpan di cold storage dan di import pun dalam kondisi yang sama. Sehingga yang disajikan ke kita juga adalah duren monthong yang masih dingin dan ber es... hehehe...
mungkin karena dingin makanya rasanya kurang nonjok dan gak harum seperti biasanya.
Jadi lebih enak duren lokalnya. Yang kondisinya normal. Harumnya duren masih tercium dan rasa manisnya masih legit terasa di lidah.

Jus duren dan es puter duren nya juga gak kelewat untuk diicip. Rasa jus durennya terlalu ringan.. alias air atau es batunya mungkin terlalu banyak dan durennya terlalu sedikit. Jadi lebih terasa manis gulanya dibanding rasa durennya.
Es puternya lumayan enak.. tapi juga masih terlalu manis menurut gw. Dan rasanya jelas masih dibawah rasa es puter duren yang sering dibikin bokap gw jaman dulu... itu siy gak ada yang ngalahin deh... uenak bangettt.... .. (ada yang berminat pesan??.... hihihi..jadi jualan niy...)

Ditempat ini ternyata juga jualan buah2an lain selain duren lho... si Chris beli alpukat menteganya dan dicoba dimakan langsung di tempat.. plain gak pake apa2 lagi...
weleh.... ternyata uenak... isinya utuh tanpa cacat dan rasanya pulen banget... gak manis tapi juga gak pahit.. pas buat disendok langsung dari kulitnya..
Jadinya si alpukat ini dimakan buat nemenin makan jus durennya.. supaya gak terlalu manis.. hehehe.. enak juga tuh.. kaya' makan es campur aja kali yah..

Terus terang gw gatel banget ikutan makan seru si duren kaya' yang lain2 itu.. tapi gimana dunk... pa boleh buat..
Jadi inget jaman kuliahan dulu banget... pernah ditantangin untuk adu makan duren sama staf rektorat kampus pas rehat panitia olah raga di kampus....
pergi bareng2 satu tim ke kalibata.. dan tau donk sapa yang menang??.... gw lah pasti nya.... kekeke... jagoan duren kok dilawan... palagi jaman muda gitu.. masih terabas semua makanan bow!..


BEGOR
Bebek Goreng Surabaya
Jl. Bangka I/18, Jakarta
Tel. (021) 687 36952

Resto Duren Harum
Jl.Raya Panjang No.29
Simpang Empat Pos Pengumben, Jakarta
Tel. (021) 536 51249

Baso INO
Jl.Bangka 1, Jakarta
Tel. (021) 7031 1326



Tidak ada komentar: