Sabtu, Juli 12, 2008

Sate Ayam & Martabak Sambas


Pastinya buat orang yang tinggal di Jakarta sejak kecil udah tau keberadaan Sate Ayam di depan taman Jl.Sambas Panglima Polim. Dari arah fatwamati nuju Blok M, posisinya di sebelah kiri jalan raya Panglima Polim, persis berseberangan dengan kantor biro perjalanan umroh Patuna.

Di Jl.Sambas ini berjejer 3 pedagangan sate plus 1 gerobak martabak telor. Udah sekitar 20 tahun an mereka dagang disitu dengan pelanggan dari berbagai lapisan masyarakat dan lapisan generasi..
Daging sate ayamnya empuk dan gak pake tambahan usus ato lemak... bumbu nya masuk sampai ke daging ayamnya.. sedap menurut ukuran gw yah.. cuma rada kegosongan nge bakarnya.. kalo itu siy udah umum para pedagang sate dorongan pasti mbakar satenya suka sampai bikin item2 di daging satenya.. bikin sate yang mestinya punya nilai plus karena proses nya dibakar dibanding di goreng, malah jadi gak sehat karena karsinogen nya tinggi.

Yang gw paling suka itu malah martabaknya. Sampai di rumah baru bisa nyicipi si martabak, coz makan seporsi sate tanpa lontong aja rasanya udah penuh banget... kalo ditambah lagi nyamil martabak bisa2 rasa sate yang enak jadi hilang.
Martabaknya pake kombinasi telur bebek dengan telur ayam, 2:1. Baunya telur gak ada sama sekali. Beda sma martabak2 Bandung. Tekstur martabaknya juga lebih padat dibanding dan lebih terasa kalau digigit. Rasa martabaknya sendiri gak terlalu istimewa.. biasa aja, tapi simpan dulu komentar selanjutnya.. karena kuah martabak nya itu yang ngebuat rasanya menjadi istimewa....
Kuah nya mirip banget dengan cuko nya mpek2.. kalo boleh dibilang itu memang cuko nya mpek2 palembang....
kuah cuko yang kental, cukup pedas, dan sedaaaaap....
Itu sebabnya gw bilang di awal tadi, kalau martabak ini istimewa. Karena dimakan bareng kuah cuko yang uenak.
Dulu, martabak mesirnya Rumah Makan Sederhana di Ampera juga punya kuah yang serupa.. tapi belakangan kuahnya berubah seperti martabak kaki lima lazimnya... Padahal tadinya martabak rumah makan ini jadi salah satu favorit gw setelah martabak Kubang di Saharjo. Keliatannya di rumah makan sederhana ini ada kecenderungan berubah rasa setiap ada perubahan koki. Mestinya kalau sistem franchise udah punya SOP yang baku...



Tidak ada komentar: