Kamis, April 03, 2008

RM Pecel Madiun

Pilihan tempat makan seputaran Jakarta biasanya ke daerah Bopuncur (Bogor, Puncak, Cianjur). Selain ketemu masakan2 khas sunda, juga bisa menikmati alam yang berbeda banget dengan Jakarta. Sejuknya udara gunung seringkali membuat kita lupa waktu dan tak terasa sudah menghabiskan ber jam2 hanya untuk sebuah acara makan.

Rumah makan yang akan gw review ini bukanlah berada di lokasi favoritnya orang2 Jakarta untuk makan siang. Letaknya yang di BSD hanya mungkin menjadi tujuan orang2 Jakarta di akhir pekan.
Rumah Makan Pecel Madiun ini memang di bangun di lokasi BSD. Sehingga untuk menuju ke sana mau tidak mau harus melalui tol BSD sampai dengan ujung tol itu habis.

Rumah makan yang menyajikan menu utama Pecel Madiun komplit ini dibangun di atas tanah kebun. Dari depan hanya terlihat papan nama kecil berwarna merah bertuliskan Pecel Madiun. Jika jarang melewati jalur ini, lebih baik untuk mengurangi laju kendaraan agar tidak terlewat. Karena papan namanya hanyalah papan nama sederhana yang tidak eye catching, biarpun sudah di cat merah. Dan kondisi areal masuk rumah makan ini juga tidak menunjukkan bahwa disitu terdapat rumah makan. Pagar tembok setinggi 2 meteran membentang menutupi areal rumah makan, sehingga tidak terlihat tanda2 kesibukan sebuah rumah makan.

Setelah melalui jalan masuk yang hanya cukup untuk 1 mobil, baru kita bisa melihat keseluruhan areal rumah makan ini dengan lansekap yang amat luas dan asri.
Rumah utama yang terbuka dan diisi beberapa set meja untuk makan berdesain kuno juga dilengkapi dengan musholla kecil.



Persis di depan teras terdapat kolam air mancur mini yang menimbulkan kesejukan tersendiri.
Di areal lahan yang membentang luas di depan rumah utama, didirikan pendopo utama yang berisi beberapa set meja. Sementara diantara rimbunan pohon2 didirikan juga gazebo2 kecil yang bisa digunakan oleh para tamu.
Pohon2 produktif yang sedang berbuah menjadikan tempat ini sebagai rumah makan kebun yang asri. Karena pohon2 tsb di padukan dengan tanaman2 hias yang cantik dan terpelihara.





Sedap rasanya melihat pemandangan yang menyejukkan setelah menempuh perjalanan puluhan kilometer di siang bolong. Menunggu orderan makanan menjadi tidak terasa lama.
Yang lebih enak lagi, datangnya pesanan terbilang cepat.
Jadi sampai step ke sekian ini, rumah makan ini termasuk ok. Gak bikin tamunya menunggu lama dan kelaparan..

Begitu pesanan datang, yang terlihat menyolok adalah porsi nasi pecel nya yang lumayan banyak untuk ukuran gw.

Nasi putih dengan pecelnya berporsi sama, dilengkapi selembar peyek kacang dan dihidangkan di atas piring putih beralas daun pisang.
Yang gw cicip duluan adalah bumbu pecelnya yang udah diguyur di atas rebusan sayuran. Hhmmm.. enak juga rasanya, agak mirip dengan bumbu pecel yang dibuat nyokap di rumah jaman gw kecil. Biasanya di rumah dapat kiriman bumbu pecel dari Madiun, dari kawan seperjuangan tempo doeloe almarhum Bokap. Karena dikirim pecel yang lumayan pedas, sering diolah ulang dulu sama nyokap gw sebelum disajikan.
Tempe bacem dan tahu bacemnya disini juga cocok buat gw. Gak kemanisan tapi bumbunya itu tetep mak nyus. Jawa timuran biasanya jarang ber manis2 ria seperti jawa tengah. Jadi cocok aja di lidah gw.
Yang kurang ok itu perkedel jagungnya. Kaya' perkedel di warung yang udah dingin karena disiapkan sejak pagi. Rasanya juga biasa banget.
Minuman yang dijagoin di situ katanya es dawet, tapi setelah gw cicip rasanya juga biasa aja. Isinya selain cendol beras, juga ada bubur sum2 putih dan ketan hitam.

Harga? seporsi nasi pecel lengkap itu Rp 10.000, bacem nya 2000 an, bakwan nya 3000 ribu rupiah. Dan es dawetnya hanya 6000 rupiah saja.
Dilihat dari harga, segmen tamu rumah makan ini bisa siapa saja. Dan pastinya untuk kawasan BSD yang luasnya sekitar 6000 Ha itu, rumah makan ini sudah pasti menjadi salah satu favorit orang2 yang bermukim dan bekerja di sana. Karena paling tidak menawarkan suasana warung kebun yang berbeda dari rumah makan-rumah makan lain di sana.

Bon appetite ma amies!



Pecel Madiun
Jl.Ciater Barat Raya Rawabuntu
BSD, Serpong, Tangerang
TElp. (021) 9280 8171 / 0816 196 5051

Tidak ada komentar: