Kamis, Desember 20, 2007

CHOCOLATE DAY! ….


Icip2 coklat!...
Waaaahhh.. kedengerannya enak banget!.. undangan yang gak boleh ditampik dong.. hihihi..

Urusan tulis menulis itu udah jadi profesi temen gw yang satu ini, Chris.
Nah, kebetulan dia mau bikin tulisan mengenai per-coklat-an... dan butuh komen2 seputar coklat2 yang bakal masuk ditulisannya itu.

Dimulai dari Helen's Fine Food & Pattiserie di Jl.Wolter Monginsidi 63B. Menempati bangunan 2 lantai, dimana lantai atas digunakan untuk fine dining room dan lantai bawah untuk bakery nya.
Favorit di tempat ini adalah Helen Choco dan Tiramisu nya. Untuk produk barunya kita icip Greentea Cake.
Dari tampilan tiap item nya, mungkin gak terlalu outstanding dibanding tempat2 lain. Tapi begitu kita coba Helen Choco nya... hhhmmmm.. bener2 top banget. Rasa coklat nya itu pulen banget.. seperti coklat 70% an gitu. Begitu sampai di ujung lidah, rasa coklat nya itu udah nendang banget.. gak lengkat di gigi.. dan katanya siy itu salah satu patokan nya apakah coklat yang dipakai itu kategori premium atau lower.
Helen choco ini termasuk ke jenis double choco cake yah karena dia punya 2 layer choco yang di selingi dengan cake.. top abizz...
Tiramisu nya juga termasuk premium.. tapi buat gw masih kalah top dengan helen choco nya.
Untuk Greentea Cake nya juga top abizz... 2 layer white choco di blend dengan green tea di selingi dengan cake... Rasa green tea nya seperti green tea latte di starbuck.. pekat tapi ini enak karena gak pahit.. top!
Meski harga per itemnya termasuk di atas rata2, produk2nya highly recommended!

Menyusur ke seputar Senopati, untuk icip Awfully Chocolate.
Desain bangunannya seperti desain bangunan jasa binatu yang simpel banget. Dan ternyata ini ada hubungannya dengan konsep take away dan tidak ada makan di tempat.
Masuk ke dalam ruangannya langsung terlihat meja layanan panjang yang membagi dua ruangan. Seperti meja front office di bank atau di hotel. Di ruang sisa di depan meja layanan memang disediakan meja dan kursi, tapi itupun sebenarnya karena memenuhi keinginan pelanggan yang ingin langsung mencicipi produk mereka. Karena itu tidak ada pilihan potongan cake atau coklat dalam menu mereka, apalagi minuman. Konsep ini harus konsisten diterapkan sesuai dengan toko pusat mereka di Singapura.

Kita coba beli cake coklat andalan mereka.. tapi sori banget gw lupa nama nya..
Cake coklat dengan topping coklat leleh menyelimuti kue nya.
Menurut gw rasanya gak spesial.. terlalu biasa untuk sebuah toko coklat waralaba asing. Ekpestasi rasanya jauh di atas itu.
Rasa cake nya biasa banget.. mirip brownies kukus amanda dari Bandung (kalau bisa dibilang sekelas lah..). Trus topping coklat nya itu seperti coklat yang di campur dengan agar2.. yang bikin topping nya terlihat shimmery. Rasanya biasa banget... bener2 jauh dari perkiraan gw..
Dari omong2 sembari nyicipin slices nya, kita punya kesimpulan awal kalau produk cakery nya Helen yang memang patut di masukkan ke daftar premium per coklat an.. hehehe

Dari sana, belok ke arah SCBD, hunting tempat2 yang jual coklat di Pacific Place.
Ketemu Patchi di area food hall nya... counter jualan coklat yang diimpor dari Lebanon.
Harganya cukup tinggi sementara rasa coklatnya gak tau juga, karena belum pernah nyoba produk dari negara ini. Bentuk dan packing nya memang bagus dan unik2. Tapi pelayan counternya sendiri gak tau persentase coklatnya itu seberapa untuk tiap produknya.

Akhirnya beli coklat yang di pak seperti cerutu. Harganya Rp 95.000,- , itupun dibeli untuk dikasih teman nya risa yang memang masih hobby ber cerutu an.. hehehe
(dan ternyata setelah dicoba rame2, kadar coklatnya terlalu kecil... masih dominan gulanya)

Jalan keliling lagi untuk cari tempat yang jual coklat, malah ketemu dengan A Presto : Crystal Jade yang letaknya di lantai 3 atau 4 persis di ujung escalator turun.

Tadinya tertarik karena ada display kue coklat di showcase. Tapi setelah dapat keterangan dari front liner nya malah kita jadi mau icip2 menu spesial yang keliatannya unik.
Sup yang di sajikan di wadah gelas panjang dan ramping...
Karena penyajiannya yang unik makanya kita mau nyoba...

Menu sup terdiri dari 4 jenis sup yang disajikan dalam ukuran reguler atau kecil. Supnya adalah krim sup yang masing2 terbuat dari jamur, wortel, pumpkin, dan asparagus.
Dikasih sedotan untuk 'meminumnya' atau sendok kecil untuk memakannya.



Unik banget cara menikmati sup ini. Ditambah lagi rasa sup nya benar2 creamy.. lezat. Yang paling gw suka itu sup wortelnya... paling enak dan paling cihuy.. hihihi...
Harga untuk 1 set sup ukuran kecil itu 25 ribu rupiah. But it's a good place to stop by...

Selesai icip sup, kita bergegas lagi untuk nuju Senayan City..
Di ground kita masuk ke toko Bateel, toko kurma yang juga menyediakan coklat truffle yang membalut kurma. Nama Bateel berarti tunas pohon kurma. Jadi gak heran kan kalau produknya semua berasal dari kurma.
Naik ke lantai lebih atas, ke cluster urban city, buat nyobain Hot Chocolate. Salah satu counter yang mengisi urban city.
Waduh.. disini service nya bener2 parah... Kita baru liat2 menu tiba2 salah satu pelayan nya meminta menu yang kita liat karena ada customer yang baru dateng dan mau liat menu..
Walah!.. apa dikira kita ini bukan customer juga ya.. dan antrian kita kan duluan.. Bikin si Risa mau keluar tanduknya aja... hihihi... untung bisa di tahan.. padahal itu bener2 tindakan yang keterlaluan.
Proses pemesanannya pun amat sangat tidak menyenangkan. Kita menyebutkan item2 apa aja yang mau kita pesan, dan pelayan sama sekali gak terlihat mencatat. Ok lah kita perkirakan dia memang punya habit dan memori yang bagus... Tapi nanti dulu.. karena setelah itu pesanan rada kacau. Minuman yang kita minta hot dikeluarkan yang dingin..padahal jelas2 di ulang 2 kali khusus untuk minuman. Dan kesalahan pihak mereka sendiri itu pun di terima dengan muka yang sama sekali tidak menyenangkan!...
hhmmmm.... belum menikmati hidangannya, rasanya sudah hilang selera icip2...

Penyajian nya memang juga unik karena semua serba di panasin dengan tungku pemanas kecil yang di obori lilin kecil.. seperti untuk aroma terapi... Dan untuk marshmellow yang di celup coklat pun disediakan tungku kecil untuk membakar nya dulu sebelum dicelup kedalam coklat leleh. Sejenis coklat fondue mungkin yah.



Untuk serving nya oke lah.. tapi untuk rasa?... gak banget tuh... setali tiga uang deh sama pelayanannya yang buruk.

Gak ber lama2 di sana kita lanjut ke PIM buat hunting coklat di sana..
Pertama ke toko Chocolate Tree yang ada di jalur connecting antara PIM 1 dan PIM 2, dan posisinya berhadap-hadapan dengan Death by Chocolate.
Di toko ini gw nemuin coklat After Eight yang jadi favorit gw di Mustafa Center, Singapura... hehehe.. Ternyata ada disini juga.. gak perlu jauh2 lagi dunks....
Di sini juga ada berbagai merek coklat terkenal dan dalam berbagai bentuk. Rasanya mau beli semua karena gw itu juga termasuk coklat mania...
Chris malah beliin gw coklat ber bentuk kura2... katanya buat ngelengkapi koleksi kura2 gw di rumah.... hehehe.. Ibu yang satu ini emang rajin banget ngoleh2in gw sama kura2 dalam aneka bentuk.... tks alot ya bu!

Habis liat2 di toko ini kita ke tempat makan coklat yang punya nama Death by Chocolate...
Kalau dari review di TV keliatannya menu yang disajikan enak2 semua dan menarik semua... tapi sayang banget kita udah kemalaman waktu sampai disitu dan mereka juga hampir tutup.. selain itu kita udah mabuk coklat karena sepanjang hari icip2 coklat... huehehehehe...
Jadinya cuma liat2 menu sambil duduk2 sebentar dan pesan 1 menu untuk di take away... gak sanggup bow biarpun cuma buat icip2....
Ternyata coklat itu juga bisa mbuat orang mabuk yak... kaya' duren gitu.... hihihi...

Tapi ada cerita soal Death by Chocolate ini...
Beberapa waktu lalu gw dengan my sister n si We2 sempat ke bogor dan mampir ke tempat makan coklat yang punya nama sama. Dari namanya yang sama pastinya punya quality yang sama dong dengan yang di jakarta... coz my sister sebelumnya udah juga nyicipi DBC yang jakarta.
Tapi bow... bener2 gak seru... rasa coklatnya itu kaya' coklat bubuk yang kualitas murah gitu.. sekelas von houten yang biasa dipake untuk bikin cake rumahan...
Trus yang namanya hot chocolatenya bener2 ancur deh... gak ada rasa coklatnya, tapi aneh banget... warna nya aja yang coklat Milo gitu.. tapi rasanya kaya' ongol2 campur coklat.. atau apa ya??.... hihihihi.... parah abizzz...

1 komentar:

planet bumi mengatakan...

kliling-liling bwt incip choco..
mw ikutan dong..
q jg sk choco, tp masih tingkat newbie..
ada lg g pembahasan incip choco selanjut nya,
seriues.. aq tunggu kabarnya