Senin, Februari 11, 2008

Harpitnas (2):

Bale Cipayung


Puncak!... mendengarnya saja sudah membuat fikiran segar.

Rencana Jumat di Harpitnas untuk liburan ke Puncak akhirnya tetep jadi meskipun sempat tersandung masalah edaran menteri yang mencabut hari libur kejepit nasional..
Hal lain lagi yang menunda nya adalah undangan makan siang dalam rangka ultah teman..
Tapi biarpun udah termasuk kesorean untuk berangkat ke atas, the show must go on lah..
Cuacanya sendiri juga bener2 gak menunjang.. siang sepanjang makan sudah mulai hujan lebat lengkap dengan angin kencang. Syukur2 menjelang sore hujannya mereda.. tinggal mendung yang terus menggayuti langit Jakarta seluruhnya.

Sampai di Puri Anandita, Cisarua, sudah mendekati magrib. Check in dan istirahat sebentar untuk magriban.. trus jalan lagi untuk makan malam. Di perjalanan tadi sudah ada resto yang ingin dicoba di daerah Cipayung... jadi gak perlu lagi cari2 tempat.
Namanya Bale Cipayung: Waroeng Kebun.

Tempatnya di pinggir kanan jalan jika kita mengarah ke Puncak. Kalau siang, tempat ini tidak terlalu berkesan untuk dilirik karena kalah bagus dibanding resto2 lain yang berjejer di sepanjang jalan menuju Puncak.

Model lansekap yang dipake resto ini kurang eye catching.. gak seperti resto lain yang langsung keliatan megah dan bagus. Padahal kalau kita mau mampir sebentar dan melihat2 ke dalam, resto ini punya tempat yang cukup indah lho. Mempertahankan kontur tanah yang ber tingkat2 dan memanfaatkan halaman depan rumah lama untuk kolam ikan dan gazebo2 yang mengitari kolam tsb. Bagian belakang rumah di jadikan tempat parkir selain bahu jalan yang menjorok ke halaman.



Pada malam hari tempat ini lebih terlihat nyaman karena permainan lampu taman. Pemandangan langsung yang terbuka ke jalan juga lebih membawa kita ke suasana alam Puncak. Berbeda dengan resto2 lain yang terbilang lebih besar luas dan fasilitasnya, yang hampir rata2 berdesain tertutup di bagian muka nya dan fokus ke areal belakang.
Biarpun terbuka dan langsung menghadap ke jalan raya, kenyamanan kita untuk makan dan bercengkrama tetap terjaga karena kontur tanah gazebo yang lebih tinggi dibading jalan raya..
Di depan Gazebo pun masih ada taman2 kecil dengan tanaman dan pohon2 yang di tata cukup indah.



Disitu juga dijual hasil kebun dari Sukabumi, seperti Sirsak dan Kelapa Hijau.
Sirsaknya berukuran jumbo dengan kondisi buah yang prima.. dihargai Rp 8000/kg.. Gak mungkin deh gak gatel untuk beli sirsaknya buat oleh2 balik ke Jakarta..



Buat info awal untuk masakan di warung ini : semua masakannya ok banget!.. Kalah deh Raffles yang jadi idola orang jakarta.... Cobain aja kalo gak percaya.. hihihi..

Nasi Goreng Ikan Asin nya enak.. bumbunya ok banget dan penyajiannya juga cukup cantik.
Nasi timbel nya pulen dan lauk pauknya juga enak.. termasuk ayam gorengnya.. sambelnya juga enak. Tahu dan Tempe yang nemenin nasi timbelnya juga enak lho.. Lalapan kacang panjang nya aja enak.. seperti baru dipetik dari pohonnya.. fresh dan manis.
Pepes Jamur yang kita cobain juga terasa fresh banget jamurnya.. kenyal nya itu seperti baru aja dimasak.. dan bumbunya juga gak pelit. Cuma pepes telur asinnya yang rada kurang nonjok.. tapi bukan berarti gak enak yah..
Yang gw paling suka itu dessert Colenaknya.... wuih.. rasanya top. Yang kita coba itu colenak tape... jadi tape digoreng trus diguyur sama bubur sum sum dan gula merah... Rasanya selangit... hihihi... makyus deh.. Buburnya itu lembut dan rasa gurih santannya terasa banget.. pokoknya gak pelit rasa deh warung ini..
Untuk bakso sapinya, kuahnya kaya' kuah rumahan dan bakso nya termasuk kualitas medium lah karena gak berlemak.
Minumannya juga ok.. gw nyoba wedang jahe yang dikasih irisan kolang kaling putih di dalamnya, di sajikan di gelas keramik yang besar dan bentuk nya hampir seperti mangkuk sup. Rasanya pas banget... gak terlalu hangat dan gak terlalu manis..
Skotengnya juga enak.. komposisi susu dan isinya itu pas.... nikmat.

Harganya? termasuk murah deh dibanding tempat lain.. Untuk keseluruhan pesanan kena nya Rp 114.950 thok... Sip banget kan?


Bale Cipayung: Waroeng Kebun
Jl.Raya Puncak - Cipayung - Bogor
Tel. 0251 256734





Tidak ada komentar: