Senin, Februari 11, 2008

Harpitnas (4):

Perkebunan Teh Gunung Mas

Dari saran pengelola Puri Anandita, rasanya gak salah untuk nyoba jalan pagi ke arah perkebunan Teh Gn.Mas. Katanya jarak nya hanya 1km an dari resort ini. Boleh juga lah dicoba..
Keluar dari resort menyusuri jalan aspal perkampungan di sekitar, terus menanjak mengikuti jalur ke arah gn Mas.

Lepas dari perkampungan dan vila2 terdekat dari resort, mulai keliatan kebun tanaman produktif seperti wortel, jagung, cabai, kembang kol, seledri...
Seneng banget liat tanaman cabe yang tumbuh subur.. berderet teratur..
Pasti para petani nya bersuka cita menunggu saat panen. Semuanya ijo royo2...dengan pemandangan gunung di belakangnya... Indah banget! Sueegerrrr....

Di tiap tikungan jalan kita mencoba tanya arah jalan ke gn Mas karena rasanya sudah lebih dari 1km berjalan, tapi gak terlihat tanda2 akan sampai di perkebunan Teh... Jalanan semakin mendaki dan mulai memasuki perkampungan lagi.. Ufffhh.. berat juga ternyata....
Kalau di reka2.. rasanya siy gunung Mas itu masih jauh nun di sana. Karena titik perkebunannya pun berlum terlihat sama sekali..
Sampai di pertigaan perkampungan dan tanya ke pemuda2 kampung sana yang keliatan sedang kumpul di pinggir jalan. Mereka malah menawarkan ojek untuk bisa sampai kesana, karena menurut mereka jalan yang mesti ditempuh itu masih 2km an lagi!.... waduh!!!
Dengan kondisi yang menanjak dan masih 2km an lagi??.. wow wow... kaya'nya gw nyerah deh dan gak menampik tawaran jasa ojek mereka. Tapi We2 & Risa agak bersikeras untuk meneruskan berjalan kaki.. OMG.. no tks deh.. hihihi..
Dan ternyata pilihan gw itu tepat bow!.... coz jalan yang masih harus dilewati itu betul2 off road dan memang masih 2km an lagi. Bisa dibayangin donk kalau tadi gw ikut dengan suara terbanyak untuk terusin jalan kaki?? Padahal selain itu kita sendiri gak punya banyak waktu untuk ber lama menikmati semuanya.. mengingat jam check out di resort.

Jadilah kita sampai di perkebunan teh dengan ojek yang konvoi beriringan... hehehe..
Di kebun teh baru kita jalan2 sebentar sekalian melepas tegang karena ber ojek ria di jalan berbatu2 dan menanjak. Usulan gw untuk kembali ke tempat semula dengan menyewa kuda yang disediakan di kebun teh tsb di tolak mentah2 oleh Risa & We2... hihihi... so, mamang2 ojek nya persis kaya' supir bis carteran.. nungguin kita ngeliat2 kebun teh sambil foto2...

Setelah itu kita ke arah pabrik Teh nya untuk beli oleh2 Teh produksi PTP sini.
Harga Teh Celup disini terhitung mahal dibanding Sari Wangi dll yang beredar di pasaran. Katanya karena mereka menggunakan Teh hasil olahan kualitas 1. Teh kualitas 2 & 3 lah yang kemudian di lempar ke pabrik2 teh lain yang umum ada di pasaran.
Untuk Brand nya, mereka menggunakan nama WALINI yang diambil dari salah satu nama bunga.

Selesai dengan oleh2, kita coba untuk ikut mini tour ke dalam pabrik teh ini. Dengan membayar Rp 3000 per orang dan Rp 20.000 untuk tour guide nya, kita bisa melihat2 proses produksi di pabrik teh ini. Kita juga dipinjamkan baju seragam pabrik lengkap dengan topi nya.
Tour nya sendiri dimulai dari unit akhir proses pengolahan Teh dan berakhir di unit proses awal pengolahan teh.

Dari pabrik kita langsung balik ke resort, tapi memilih jalan raya puncak untuk kembali karena agak kapok untuk lewat di jalan pintas tadi.
Yang seru di bagian ini, si Risa n We2 mesti berbagi ojek gara2 ojek gw mogok!.. hihihi...
Udah pasti mereka nge grutu terus donk... dan gw dengan enaknya melaju sendirian di 1 ojek.. hehehe..
Asyik juga bermotor ria di Puncak.. muka rasanya udah kaku kena angin gunung.. brrrrrr... dingin dan frozen... hihihi...
Sampai di Anandita, si bapak yang kasih info cuma 1km itu lagi berdiri ngobrol di pinggiran jalan kompleks... wah.. ini dia nih.. langsung kena protes sama si We2 yang teriak2 dari ojeknya sambil lewat di depan si bapak... huehehe...

Turun dari ojek, si Risa keliatan kaya' habis main sirkus.. posisi dia yang di belakang si We2 bikin kaki dia kaku nahan badan supaya gak ketinggalan dari motor.. hihihi..
Tapi semangat buat karokean tetep jalan.. jadi kita langsung nuju ruang karaoke yang udah disiapin sejak kita berangkat jalan pagi tadi...
Lagunya lengkap juga dan ter up date lho.. banyak banget pilihannya.. Buat si We2 gak ngaruh tuh.. tetep aja kalo udah kena sofa matanya langsung nutup... boneless dan pelor banget... kekeke...

Deket2 jam 12 kita balik ke vila.. siap2 check out sembari mandi..
Ini dia juga nih yang males banget dikerjain.. mandi dengan kondisi muka yang udah sempet frozen di atas ojek dan cuaca yang memang mendung ...
huiiiiiii...... kena air anget emang gak dingin, tapi sesudahnya itu lho.. wadow... dingin pe gemeteran..

Sesudah siap semuanya, kita ready untuk nyambangi tempat2 lain di seputaran Puncak.. tapi nyari makan siang dulu donk...
Maunya nyari makan di sekitar Kota Bunga sekalian nyari2 tempat hasil nyari di internet sambil ngabisin sore di Puncak..
Rencananya jadi tertunda karena kabut mulai turun, dan mobilnya gak punya vogue lamp... So, kita turun aja ke Cimory buat makan disitu.
Awal2 Cimory buka, gw masih suka tempat itu.. gak crowded dan hiruk pikuk kaya' sekarang.. masih enak untuk jadi tempat hang out di Puncak.. Sekarang ini kondisinya udah kurang nyaman.. meja untuk makannya udah ditambahkan untuk menampung tamu yang mengalir terus..
Biarpun penyajian makanannya termasuk cepat, gw kurang sreg aja dengan suasana rame gitu. Gak bisa lagi nikmati suasana puncak yang identik dengan nyaman, sejuk, tenang.. coz sekarang suasananya kaya' food hall di Mal Jakarta.

Selesai makan, keliatannya cuaca mulai cerah lagi... rencana untuk terusin perjalanan ke Cipanas sepertinya bisa dilanjutkan... tapi lagi2 di tengah jalan sebelum Puncak Pass kabut mulai turun dan menebal... wah.. gak mungkin untuk nerobos kabut yang makin tebal.. jadi balik arah lagi untuk langsung pulang ke Jakarta..